Selamat Datang di Website Suvarnadwipaland.com
bg-header-content

BERITA

Seperti Ini Land Development Diatur, Mempermudah Pengadaan, Pengaturan, hingga Fungsi Land Banking

Juli,3 2020 05:47

RumahCom – Pertanahan merupakan faktor krusial untuk program pembangunan. Kementerian ATR/BPN terus merumuskan land development untuk mempermudah pengadaan, pengaturan, hingga fungsi land banking.

Setiap upaya pembangunan untuk perumahan, infrastruktur, ataupun lainnya tidak bisa terlepas dari keberadaan lahan. Karena itu dibutuhkan perencanaan untuk pengadaan lahan yang layak dan adil khususnya untuk pembangunan seluruh wilayah baik di perkotaan hingga pelosok daerah.

Karena itu di Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), ada Direktorat Jenderal Pengadaan Tanah dan Pengembangan Pertahanan yang memiliki fungsi krusial untuk mendukung program pembangunan. Perlu dirancang dan diatur dengan baik bagaimana implementasi kebijakan pengembangan pertanahan untuk kebaikan bersama seluruh bangsa.

Menurut Sekjen Kementerian ATR/BPN sekaligus pelaksana tugas (Plt) Dirjen Pengadaan Tanah Himawan Arief Sugoto, diperlukan fungsi land management yang terdiri dari beberapa komponen supaya pemenuhan maupun pengadaan lahan untuk program pembangunan bisa berjalan dengan baik.

“Beberapa komponen yang perlu diatur itu antara lain land tenure yang mengatur kepemilikan, land use yang terkait dengan penataan pertanahan dan ruang, land value, dan land development. Dirjen Pengadaan Tanah memegang dua fungsi yaitu land development dan land value, tapi di masa depan itu bagaimana land development ini bisa kita kerjakan,” ujarnya.

Masih bingung perbedaan antara SHM dan HGB dalam properti? Simak informasi selengkapnya di videonya berikut ini.

Akhirnya, Arief menyebut seluruh fungsi land development khususnya fungsi pengadaan lahan untuk mendukung proyek strategis nasional bisa dilaksanakan dengan baik. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan juga oleh kementerian maupun lembaga lain yang mencoba menginisiasi pengadaan lahan.

“Ke depan kita akan terus mencoba menginisiasi salah satunya untuk pencadangan tanah. Jadi kita siapkan tanah, kita punya rekening bank tanah, ini fungsinya bisa untuk intermediasi, kita kumpulkan tanah tersebut untuk membuka kesempatan investasi,” tambahnya.

Staf Ahli Menteri ATR/Kepala BPN Bidang Ekonomi Pertanahan Gunawan Muhammad menambahkan, pengembangan pertanahan sangat dibutuhkan di masa mendatang. Ada beberapa sektor penting pemanfataan tanah dalam pengembangan pertanahan seperti pembangunan rumah murah maupun pengembangan infrastruktur itu tidak akan bisa kalau diserahkan ke mekanisme pasar.

“Makanya kita harus terus bergerak dari struktur yang lama menjadi struktur baru. Setiap kementerian maupun instansi harus memiliki pegangan untuk bisa melaksanakan program-program kerjanya termasuk dalam hal pengadaan tanah karena ini faktor yang sangat penting,” tandasnya.

 

Sumber : https://www.rumah.com/

future-img
future-img
Selamat Datang di Website Suvarnadwipaland! Perlu bantuan?
Marketing 01
Marketing
Marketing 02
Marketing
Marketing 03
Marketing
Hubungi Kami